cdi pengapian motor

Thursday, April 10, 2014

cdi pengapian motor

jumpa kembali teman kali ini admin mau berbagi pengalaman dari kerusakan cdi atau system pengapian sepeda motor,simak tips berikut
1.buka cover body untuk mencari tempat penyimpanan unit CDI
2.siapkan alat multi tester atau bisa digunakan alat yang dibuat sendiri dari batray dan bola lampu sain dimasukkan ke sarang lampu sain, keguna`annya untuk mengetahui  arus listrik tersambung atau tidak.
3.Cabut unit CDI dari kabel soketnya.  ambil multi tester posisikan pada ohm, temukan kabel merah dengan hitam, apakal alat (multi tester) berpungsi atau tidak ( ketika di temukan kabel hitam dan merah jarum amper agan bergerak.
4.Colokkan kabel multi tester berwarna hitam ke body mesin, lalu colokkan kabel warna merah ke dalam kabel soket CDI secara berurutan dan pastikan ujung colok menyentuh pelat yang berada didalam sarangnya.
kelima kabel yang terdapat dalam sarang tersebut hanya satu kabel yang tidak terhubung ke massa body yaitu kabel contak (pastikan contak dalam posisi on) kalau masih pabrikan berwarna hitam bergaris putih, tempatnya di tengah lurus dengan kuku pengunci. apabila kabelnya menyambung arus berarti kunci contaknya rusak atau ada kabel yang conslet.
apa bila ditemukan salahsatu atau beberapa kabel selain kabel contak tidak menyambung arus berarti ada kabel yang putus atau komponen yang rusak.
Telusuri kabel yang terputus dengan menghubungkan ujung kabel pada soketCDI ke obyek yang semestinya arus terhubung. sebagai patokan jika masih pabrikan, warna merah kehitaman sfoel, warna biru fullser, warna kuning coil,dan warna abu-abu massa body

1.jika ke empat kabel semua telah terhubung tapi tetap tidak mengeluarkan loncatan bunga api pada ujung kabel coil, menandakan ada komponen yang rurak.
2.kita mulai dengan cara memeriksa keberada`an fungsi sfoel terlebih dahulu, caranya lepaskan sambungan kabel warna hitam kemerahan dari bak mahnit, starter motornya sambil mengonsletka ujung kabel tadi ke body mesin motor, jika terlihat mengeluarkan api pastikan tegangan yang dikeluarkan mencukupi atau tidak. caranya pegang ujung kabelnya sambil menstarter manual secara berlahan hingga terasa ada sentrum yang mampu membuat kejut, jika di starter dengan kencang tidak terasa ada sentrum yang terasa berarti sfoel yang bermasalah atau kurang berfungsi.
3.Apabila di temukan sfuel berfungsi dengan baik berarti salah satu CDI atau coil yang rusak.
4.Untuk mengetahui condisi coil caranya  masukkan arus 12 volt, body coil berfungsi sebagai massa (-) dengan menbuat arus nyala putus, coil yang masih baik akan mengeluarkan bunga api
demikian trik dari saya kurang lebihnya silahkan komentar
.
bagikan: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 comments "cdi pengapian motor", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

 
 
Copyright © 2014. semua informasi ada di sini - All Rights Reserved